RSS

Subjek Penelitian

Subjek Penelitian

 

Di bagian ini diuraikan secara lengkap identitas dan karakteristik subjek penelitian. Subjek penelitian mewakili kelompok individu (siswa), kepada siapa tindakan dalam kontek PTK akan diterapkan. Kategori lain dalam kaitan hal ini seperti populasi dan sampel kurang relevan digunakan di dalam kontek PTK.

Jumlah, komposisi, dan ciri-ciri lain yang relevan dari subjek penelitian perlu diuraikan dengan jelas di dalam bagian ini. Hal ini penting dilakukan karena dampak atau keefektifan tindakan hanya bermakna apabila dipaparkan di dalam konteks yang ada, termasuk yang terkait dengan karakteristik subjek penelitian.

Contoh:

Subyek PTK ini adalah siswa kelas XI-A yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Sebagian besar orang tua siswa termasuk golongan yang berpendapatan rendah sehingga tidak mampu membeli buku-buku pelajaran yang diwajibkan oleh sekolah dan sering terlambat membayar SPP. Prestasi siswa dalam bidang akademis kurang maksimal dalam pencapaian hasil belajar. Karena itu, peneliti ingin mensosialisasikan metode pembelajaran inovatif agar siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dan dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hasil belajar siswa pada kelas XI-A pali rendah dibandingkan dengan kelas XI-B dan Kelas XI-C.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: