RSS

Kajian Hasil Penelitian

Kajian Hasil Penelitian

 

Jika Penelitian Anda berjudul:

         IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Contoh: Kajian Hasil Penelitian Terdahulu yang Relevan

Hasil Penelitian di bawah ini relevan dengan penelitian Anda karena kedua variabel baik Variabel PBL dan Variabel Hasil Belajar sesuai, meskipun diterapkan pada mata pelajaran Akuntansi dan di perguruan tinggi.

1)     Ni Made Suci (2008) pada jurnalnya yang berjudul: “Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar teori akuntansi mahasiswa jurusan ekonomi undiksha”. Hasil penelitian tersebut adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam KBM mata kuliah teori akuntansi. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah teori akuntansi yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata pre tes sebesar 56 meningkat setelah selesainya pelaksanaan tindakan menjadi rata-rata 82,04. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah mendapat respon (tanggapan) yang positif dari mahasiswa karena dengan model ini mahasiswa dapat mengeksploitasi pengetahuan awalnya, bernalar sehingga perubahan pembelajaran menjadi sangat bermakna dalam hidupnya.

2)  Yulia, Rudy Adipranata (2008) dalam jurnal penelitiannya yang berjudul “Peningkatan efektifitas pembelajaran mata kuliah alogaritma dan pemrograman melalui penggabungan strategi pembelajaran berbasis masalah, peningkatan kemampuan berpikir, serta kooperatif.” Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut membuktikan adanya peningkatan efektifitas pembelajaran. Hal ini terbukti berdasarkan tingkat kelulusan peserta didik untuk kelas A telah memenuhi target (84% dari target 70%) dan untuk kelas B juga telah memenuhi target (82% dari target 70%). Sedang dari rata-rata nilai untuk kelas masih di bawah target (69 dari target 70) dan untuk kelas B juga masih dibawah target (69 dari target 70).

Contoh: Kajian Hasil Penelitian Terdahulu yang  Tidak Relevan

Hasil Penelitian di bawah ini tidak relevan penelitian Anda karena pada penelitian N0 1 hanya satu variabel yang relevan yaitu PBL, sedangkan variabel hasil belajar tidak ada, dan bukan karena diterapkan pada mata pelajaran geografi. Pada penelitian No 2 hanya variabel hasil belajar yang relevan.

1.   Rachel Spronken-Smith (2005) pada jurnalnya yang berjudul: “Implementing Problem based learning approach to research methods in geography.” Hasil penelitian tersebut adalah Problem-based learning (PBL) suatu metode yang dapat meningkatkan kebaikan di dalam pendidikan lebih tinggi sebab menawarkan suatu cara untuk meningkatkan pembelajaran siswa yang bersifat membangun dan transformatif dimana siswa belajar dari pengalaman yang diperoleh. Geografi, dengan alam seluruhnya, dan suatu kursus seperti metoda pembelajaran yang disesuaikan untuk mendekati suatu Pembelajaran yang berbasis masalah (PBL). Penggunaan metode ini sangat baik untuk mengajar geografi karena siswa diajak berpikir dari suatu masalah yang ada sehingga siswa akan berpikir kreatif”.

2.   Herawati, P. (2008) dalam jurnalnya yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Manajemen Perkantoran Kelas X APK di SMK Ardjuna 01 Malang”.

Catatan.

1. Hasil penelitian sebelumnya (terdahulu) dikatakan relevan jika dapat dipergunakan untuk mendukung penyusunan Hipotesis. Hipotesis yang yang disusun peneliti harus berdasarkan teori-teori yang relevan ( cara berpikir deduktif) dan juga didukung oleh hasil penelitian empirik (cara berpikir induktif)

2. Kedua hasil penelitian sebelumnya yang tidak atau kurang relevan tersebut di atas  sebaiknya ditempatkan pada pembahasan variabel karena sangat bermanfaat untuk mengetahui indikator-indikator yang dipergunakan oleh peneliti lain dalam pengukuran variabel yang Anda teliti.

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: